DATSUN XPLORE YOUR STYLE Ultimate Champion 2016


Hai Sahabat Dunia Otomotif, pada 18 Desember 2016 lalu, Datsun telah menuntaskan  angkaian Datsun Xplore Your Style 2016 dengan memberikan gelar Ultimate Champion kepada Tomi dari regional champ kota Jakarta. Tomi dari Tomi Airbrush berhak mendapatkan hadiah berupa Rp 50 juta dan trofi dari Datsun Indonesia.

Final Battle Datsun Xplore Your Style 2016 digelar di Mall Gandaria City, Jakarta, dengan mempertemukan tiga regional champion dari Medan, Surabaya dan Jakarta. Ketiga kontestan tersebut berhasil unggul dari total 30 mobil melalui rangkaian acara yang diselenggarakan dari bulan Oktober lalu. Kompetisi berskala nasional ini menjadi bukti bahwa Datsun Xplore Your Style 2016 tidak hanya menjadi wadah untuk menyalurkan kreativitas dalam memodifikasi mobil, namun juga tempat berbagi inspirasi bagi para risers dan komunitas Datsun.

Tahun ini, persaingan para peserta lebih ketat dibandingkan kompetisi tahun lalu. Melihat hasil karya desain modifikasi yang begitu menarik pada tahun kedua ini, street racing masih menjadi gaya favorit para risers dalam memodifikasi mobil Datsun untuk tampil lebih atraktif. Pemenang regional champ terakhir dari Jakarta dan juga pemenang ultimate champion, yakni Tomi dari rumah modifikasi Tomi Airbush berhasil mencuri perhatian para juri dengan modifikasi mengaplikasikan tema Bhinneka Tunggal Ika di dalam eksterior Datsun GO sementara dari sisi interior Tomi memaksimalkan audio visual yang memanjakan.

Sementara itu, Evan dari Auto Concept berhasil menjadi pemenang regional champ Surabaya dan runner up ultimate champ setelah unggul di empat kategori penilaian. Evan memiliki nilai lebih pada detail craftmanship yang rapi dan sempurna diseluruh bagian dengan spesifikasi modifikasi dan desain terkini.

Harpit dari Creative Audio Modified yang memenangkan regional champ Medan keluar sebagai 2nd runner up ultimate champ dengan mengambil tema street racing dengan modifikasi lengkap di setiap lini. Harpit memodifikasi sektor kaki dengan menggunakan air suspension dan big brake kit untuk pengereman. Selain itu, Harpit memaksimalkan
perangkat car entertainment maksimal dengan menggunakan bagasi Datsun GO+ yang luas untuk menaruh perangkat audio serta monitor.

Sentuhan street racing terasa kuat di area interior karena diperkuat dengan tabung NOS dan aksen interior dengan material suede. Tomi mengatakan, “Saya kagum dan terpacu untuk bisa lebih kreatif setelah melihat hasil karya dari teman-teman peserta lainnya. Saya berterima kasih kepada Datsun atas kesempatan yang diberikan pada para peserta karena Datsun telah mengapresiasi kreativitas dan potensi terpendam dari tiap-tiap risers.”




Perwakilan juri dari National Modificator and Aftermarket Associations (NMAA) Eric Setio Prabowo menjelaskan kualitas yang dihasilkan para modifikator dalam melakukan modifikasi pada mobilnya menunjukkan jika Datsun memiliki keungulan untuk mengubah persepsi masyarakat tentang produk LCGC. Datsun Xplore Your Style saat ini telah menjadi tolak ukur dan kiblat bagi para modifikator untuk mendapatkan inspirasi dalam menuangkan kreativitasnya.”

“Dalam dua tahun terakhir, risers telah membuktikan bahwa dengan kreativitas tinggi dan keinginan kuat, mobil Datsun bisa tampil melebihi mobil di kelasnya. Datsun Xplore Your Style juga merupakan ajang pembuktian pemilik Datsun yang ingin tampil berbeda dengan memodifikasi mobil namun tetap memperhatikan kenyamanan dan keamanan,” tuturnya.

Modifikasi yang baik tentu saja yang tidak mengurangi fungsi keselamatan berkendara, akan tetapi modifikasi yang menambah nilai guna dari mobil tersebut, sebagai contoh dari modifikasi Ultimate Champ adalah sebagai berikut :

1.Modifikasi rem depan dengan kaliper lebih besar, berfungsi untuk lebih memaksimalkan pengereman mobil dikarenakan sudah adanya perubahan performa pada mesin, sehingga modifikator juga memaksimalkan ubahan pada bagian pengereman, selain itu dukungan lainnya juga pada suspensi untuk tujuan sporty, kendaraan ini juga ditambahkan coil over shock yang bertujuan menjaga stabilitas mobil dan juga memberikan ground handling yang baik ketika mobil bermanuver.

2. Modifikasi bodykit. Selain fungsi estetika, Ultimate Champ ini sempurna dari segi aerodinamika, bodykit dibuat tidak hanya untuk kosmetik semata, akan tetapi memiliki peranan penting dalam menjaga aerodinamis dan membagi jalur udara yang melewati mobil, selain itu mobil Ultimate ini juga menggunakan material FRP yaitu material yang ringan dan kuat, sehingga tidak menambah bobot ataupun beban mobil melainkan mereduksinya.

3. Gadget dan teknologi terapan, Ultimate Champ XYS 2016 ini memaksimalkan unsur teknologi menjadi fungsi terapan yang akan sangat berguna bagi pengendara maupun penumpang, memiliki akses wifi, serta sistem navigasi yang dapat dikendalikan dari penumpang di area belakang dengan memanfaatkan sistem android dan projector yang ditembak ke sisi bagian plafon, penumpang dapat mengirimkan email, ataupun berselancar di dunia maya dengan keyboard virtual yang sudah disediakan di kursi belakang.


4. Remote Audio Steer, modifikasi yang berguna lainnya di Ultimate Champ adalah melakukan customisasi pada bagian steer dengan memindahkan perangkat remote audio steering, sehingga steer mobil Datsun GO miliknya dapat memiliki fungsi remote steering dan dapat memaksimalkan kenyamanan berkendara tanpa mengurangi fungsi ergonomis dari steer milik Datsun GO. 

Related Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Artikel